Makalah Enterpreneur BSI



BEBEK CABE IJO




TUGAS
ENTREPRENEURSHIP
Diajukan untuk memenuhi mata pelajaran entrepreneurship
pada program Diploma Tiga (D.III)
Haris Mawan(18120096)
Sri Wahyuni Nur Hasanah(18120013)
Eka Yuni Sitorus(18120040)
Desi Nur Anggraini(12129972)
Ulpha( )
Orva Situmorang( )
Vidi Yanti( )
Silvia Rofahiyah( )
Jurusan Manajemen Informatika
Akademi Manajemen Informatika Bina Sarana Informatika
Bekasi
2012
                                                                                                                               
                                                    



KATA PENGANTAR

                Dengan mengucapkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya,sehingga pada akhirnya penulis dapat menyelesaikan tugas makalah entrepreneurship dengan baik. Dimana tugas ini penulis sajikan dalam bentuk buku yang sederhana. Adapun judul penulisan makalah entrepreneurship ini,yang penulis ambil adalah sebagai berikut :

BEBEK CABE IJO

          



  Tujuan penulisan makalah entrepreneurship ini dibuat sebagai agar  para mahasiswa mendapatkan inti sari dari yang di pelajari mahasiswa, dan juga mampu membangun kemampuan dalam berwirausahawan.
Akhir kata penulis berharap semoga makalah ini bermanfaat bagi semua pihak yang membantu meskipun penulisan makalah ini masih jauh dari sempurna, untuk itu penulis mohon saran dan kritik yang bersifat membangun demi kesempurnaan penulisan di masa yang akan datang.
Akhir kata semoga penulisan makalah ini dapat berguna bagi penulis khususnya dan bagi para mahasiswa.
Atas perhatiannya kami  mengucapkan banyak terimakasih .


BAB I. PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
              Dewasa ini seiring perkembang jaman yang tidak menentunya kestabilan ekonomi pada suatu perusahaan yang di akibatkan karena persaingan pasar dan produk, bahkan juga permainan jual beli saham, membuat para investor dan owner prusahaan tidak menjanjikan kelancaran jangka panjang untuk perusahaanya, akibatnya sebagian orang-orang yang tidak mengerti permainan kaum kapitalis menjadi korban seperti di antaranya di Negara kita Indonesia yang hampir rata-rata adalah kaum buruh mendapatkan imbasnya, ada sedikit dari bebebrapa contoh penyebab terputusnya hubungan kerja seperti berikut : PHK karena pengurangan pegawai, bangkrutnya perusahaan, pergantian pemegang saham, dan lain-lain mungkin sebagian para orang–orang menyangka pekerjaan mereka yang kini sedang di jalani sudah begitu aman padahal pekerjaan mereka itu sangat beresiko untuk di masa depan.

              Oleh karena itu kita harus mempunyai basic Enterpreneurship sebagai antisi pasi penyelamat hidup kita dan  kebutuhan ekonomi untuk keluarga kita di masa mendatang. Atau bisa juga entrepreneur sebagai rencana masah depan dan juga  entrepreneur bisa kita jalani dalam masa pendidikan atau selesai masa pendidikan. Sebelumnya apa sih Enterpreneurship itu? Ada banyak sekali definisi twntang Entrepreneurship, namun menurut penulis yang paling sesuai adalah definisi menurut Peter F. Drucker. Menurut Drucker, Entrepreneurship adalah “…the practice of consistently converting good ideas into profitable commerce venture”. Secara bebas dapat diartikan bahwa Entrepreneurship adalah suatu “…aktivitas yang secara konsisten dilakukan guna mengkonversi ide-ide yang bagus menjadi kegiatan usaha yang menguntungkan”.

              Kewirausahaan mempunyai fungsi yg berperan penting untuk perkembangan ekonomi setiap Negara,  bahkan mampu menyerap SDM untuk mengurangi angka pengangguran. Untuk itu pemerintah gencar meningkatkan kemampuan masyarakat agar mampu berwirausaha, bahkan memasukan kurikulum kewirausahaan dalam pendidikan. Hinga sampai saat ini di kampus dan di kelas kami mendapatkan tugas untuk meriset suatu usaha agar kami mengetahui inti sari dari kewirausahawan tentang bagaimana memenejemen usahanya dengan baik dan juga mengetahui apa yg membuat usaha itu semakin berkembang,

              Dan TEAM kami tentukan untuk memilih sebuah Rumah Makan   BEBEK CABE IJO sebagai target penelitian riset kami untuk  mendapatkan informasi kiat-kiat apa saja yang membuat usaha itu sukses dan bagaimana menjalankan usaha tersebut hingga jangka panjang juga berkembang. Menurut informasi usaha tersebut memiliki beberapa cabang menurut kami perlu untuk di lakukan penelitian,





1.2 Tujuan & Manfaat Penelitian
Penelitian team ini di harapkan memberikan manfaat dan kegunaan berupa :
1.       Kegunaan secara teoritis
Team berharap hasil penelitian mampu memberikan pengetahuan tentang enterpreneursip kepada mahasiswa dan masyarakat luas agar mengetahui bagaimana  segala kegiatan  untuk menjadi wirausahawan yang baik, karena kewirausahaan baik di masa kini dan mendatang merupakan yang dapat di andalkan demi perekonomian kita semua.

2.       Selain kegunaan secara teoritis,
hasil penelitian yang dilakukan Team diharapkan juga mampu memberikan sumbangan praktis yaitu :
a)            Memberikan wacana akademik dan masukan bagi para
pihak yang terkait dalam mekanisme Kewirausahawan

b)            Menambah bahan-bahan informasi dari berbagai
permasalahan yang terdapat dalam ilmu pengetahuan khususnya mengenai kegiatan
dunia Kewirausawanan. Selain itu pembahasan mengenai kewirausahawanan
Penelitian ini mudah-mudahan dapat menambah masukan bagi rekan-rekan mahasiswa lainnya.




1.3 Sistematika Penelitian
        Dalam penulisan makalah ini yang berjudul ‘Bebek cabe ijo’ ini terdiri dari beberapa BAB yaitu :


BAB I.  Pendahuluan
                pada bab ini akan diuraikan tentang latar belakang, permasalahan, tujuan penelitian, kegunaan penelitian serta sistematika penulisan.

BABII. Pembahasan
Dalam bab ini menjelaskan tentang bentuk dan badan usaha yang akan di jelaskan sebagai bahan riset sebagai panduan pembelajaran team.

BAB III. Metode Penelitian
            Menguraikan secara jelas tentang metode penelitian yang meliputi metode pendekatan kepada pelaku usaha, spesifikasi penelitian, teknik pengumpulan data serta analisah data.

BABIV . Penutup
         
Merupakan kesimpulan dari hasil riset team yang telah di uraikan dalam sebuah makalah.



 BAB II. PEMBAHASAN

1.4 PROFILE BADAN USAHA

A.     Nama dan Alamat Usaha.

Nama Usaha               : Bebek Cabe Ijo
Alamat                        : Villa Nusa Indah                    (Cabang 1/pusat)
                                    -Ciangsana                              (Cabang2)
                                    -Kartini                                                (cabang 3)
                                    -Galaksi                                   (cabang 4)
Bidang                         : Makanan

B.  Tentang “Rumah Makan Bebek cabe ijo”

Rumah makan bebek cabe ijo merupakan bisnis personal yang bergerak dalam bidang makanan. Makanan yang disajikan pada rumah makan ini adalah bebek bakar,bebek goreng,bebek xtra pedas,bebek sambel ijo ,kepala bebek,tahu tempe juga menyediakan berbagai jenis minuman. Saat ini Rumah makan ini telah memiliki cabang dan menjadi tempat nongkrong pengusaha dan  masyarakat bekasi dengan tempat yang nyaman dan bersih serta indah.

C.  Nama dan Alamat Pemilik

Sekilas cerita tentang pemilik yakni bapak Tedy panggilannya adalah seorang manajer perusahaan yang terpercaya oleh direkturnya namun berawal dari hobinya yang doyan makan  segala jenis masakan bebek inilah yang mendukung beliau untuk mendirikan rumah makan bebek cabe ijo ,pada awalnya hanya masakan bebek pada umumnya namun berjalannya waktu hingga ia membuat resep makanan bebek sendiri yang beliau beri nama bebek sambel ijo yang kini telah memiliki 4 cabang rumah makan.

          Pofile Pemilik
          Nama                            :  Tedy
          TTL                                :  Jakarta,17 februari 1964
          Alamat  Usaha               :  Villa Nusa Indah 2 Blok W3 No. 2, Jati Asih – Bekasi
          Pendidikan  terakhir    :  S1 Ekonomi, Universitas siliwangi- tasik
          Status Pernikahan       :  Menikah







BAB III. METODE PENELITIAN

 Dalam bab metode penelitian ini di terangkan beberapa unsur-unsur keberhasilan usaha pak Tedy dalam mengembangkan usaha rumah makan Bebek cabe ijo dari beberapa informasi yang kami dapat langsung dari belia kami uraikan di bawah ini.

D.
  Karyawan
Rumah makan  ini dipimpin langsung oleh Bpk. Tedy sebagai pemilik usaha . dan untuk karyawannya  beliau merekrut  dari perantauan berbagai  daerah yang membutuhkan pekerjaan. Karyawan yang berjumlah delapan belas orang ini terbagi dalam jenis pekerjaan koki,waiters dan penanggung jawab rumah makan juga kasir, yang di bagi waktu kerja secara Sift,Non sif,Over Time bahkan full time karna karyawan lebih suka bekerja menambah penghasilan dari pada diam tanpa aktifitas di rumah.

E.  Motivasi

Berikut Motiasi – Motivasi yang mendorong pemilik usaha untuk membuat usaha ini  :

  Ingin Membiayai Keluarga dengan hasil beliau sendiri.
  Ingin Bekerja Mandiri tanpa tegantung sama orang lain  atau melepas diri dari pekerjaan di bawah tekanan.
  Mengembangkan hoby beliau yaitu memasak

F. Apek Pemasaran
                  Rumah makan Bebek cabe hijau juga mempunyai beberapa teknik pemasaran yaitu penyebaran brosur/pamphlet ke berbagai tempat seperti, prumahan, sekolah, kantor,dan lain-lain.  Juga memasarkan melaui blog untuk para pecinta kuliner dan pencari info makanan  bahkan penggemar fanatik masakan bebek dengan alamat bloger  http://bebekcabeijo.blogspot.com yg di buat 3 tahun yang lalu.
namun bloger tidak terlalu berpengaruh untuk usahanya, resep rahasia pak tedy adalah melakukan pendekatan diri kepada pelanggan hingga terciptalah nuansa pelayanan yang ramah menjadikan suatu pemasaran yang paling ampuh yaitu penyampaian dari mulut kemulut dan itu lah yang membuat pelanggan beliau semakin bertambah setiap waktu.
            Beliau mengatakan marketing tidak terlalu perlu di persoalkan karena marketing sudah di luar otak atau sudah tau apa yang harus di lakukan sebagai marketing.











G. Konsumen
 Dengan konsep usaha yg baik dari segi makanan, penyajian, pemasaran, pelayanan dan lokasi dengan strategi bagus maka tidak heran dengan jumlah pengunjung yang begitu banyak membuat kualahan para pekerja rumah makan tersebut hingga membuat rumah makan itu selalu tutup lebih awal karna kehabisan bahan baku. Beberapa konsumen/pelanggan yang di tangani di temui pak Tedy rata-rata ialah masyarakat dari menegah ke bawah dan ke atas di perumahan sekitar yang terdiri orang tua dan anak-anak, pelajar sekolah /mahasiwa,karyawan dekat toko-toko sekitar bahkan ada yang datang dari luar kota untuk mencoba resep dapur usaha keluarga pak Tedy.
Jumblah pengunjung perhari rata rata 200 orang bahkan bisa lebih pada hari tertentu seperti senin, saptu dan minggu. Bahkan pak tedi menerima pesanan catring untuk acara-acara juga sering kali mendapatkan pesanan dari SMU Marsudirini  dan Al-Azhar dengan rata rata pesanan 200box dengan menu Bebek cabe ijo..


H. Inspirasi
Mindsite atau pola pikir sangat penting sebagai penentu usah yang akan di tekuni dengan kata lain gagasan atau ide membuat suatu usaha yang sukses dan berkembang haruslah terbentuk terlebih dahulu sebelum melangkah Pola pikir itu akan sangat mempengaruhi proses dan hasil yang akan dicapainya kelak. Pola pikir merubah gagasan/ide menjadi sesuatu yang nyata. Begitu pun Pak Tedy inspirasi yang tercipta karena hobi jajanya itu menciptakan sebuah mindsite untuk mencoba membuka usaha makanan berbahan baku bebek, kebetulan juga beliau mempunyai hoby memasak mencoba memasak beberapa hidangan bebek dengan berbagai resep yang sekarang ini menjadi beberapa menu andalan Pak tedy hingga sampai tercipta.y resep bebek cabe ijo buatan pak tedy yang sekarang menjadi menu spesial dan sebagai nama rumah makan Pak Tedy.

I. Strategi Lokasi

 
               Dalam Penempatan lokasi Pak Tedy tidak sembarang untuk memilih lokasi sebagai tempat usaha berserta cabang cabang lain,  beberapa alasan yang  menjadi keunggulan pemilihan lokasi beliau adalah tempat yang strategis dan jauh dari usaha-usaha makanan yang berbahan baku menu daging bebek. Lokasinya pun tidak di jalan raya besar pak tedy memilih jalan - jalan utama sekitar perumahan

J. Aspek Permodalan
 
                Aspek permodalan Rumah makan ini berawal dari tabungan hasil bekerja Pak Tedi  yang menjabat sebagai manejer di prusahaan swasta. Uang yang di peruntukan sebagai modal awal sekitar Rp.40 juta di kalkulasikan untuk  beberapa keperluan untuk membuka usaha yaitu :
 -Tempat/gedung,meja lesehan
- Karyawan
- Alat-alat dapur
- Bahan baku memasak (bebek , bumbu dan keperluan lainya)
- Beras






K. Aspek Produkusi
                Produksi rumah makan Bebek cabe ijo ini di manajemend secara teratur untuk keperluan dan kebutuhan cabang cabangnya,, Pak tedy mempunyai beberapa pelanggan untuk mengisi keperluan rumah makanya seperti pedagang sayuran dan peternak bebek, bebek yang di pesan pak Tedy langsung dari Surabaya yang setiap 3 hari sekali pengiriman bebek dating untuk mengisi stok kebutuhan.
                kalkulasi produksi seperti berikut :
untuk keperluan selama 3 haris

Jumlah pemesanan Bebek           :                               400 ekor
cabai                                                      :                               400Kg
Bumbu dapur                                    :                               600ribu berbagai jenis
Beras                                                     :                               1200Kg
Tahu tempe                                        :                               40 batang
Mangga muda                                   :                               40 kg

listrik perbulan                                  :                               30juta


Semua akan di olah menjadi beberapa menu hidangan di rumah makan bebek cabe hijau menu yg di hidangkan kami uraikan seperti berikut :





























DAFTAR MENU

MAKANAN

Bebek goreng/Bebek bakar/Bebek cabe ijo
Rp15,000
Bebek goreng jumbo
Rp16,500
Bebek Super
RP 17.500
Bebek Lada Hitam
Rp16,500
Bebek Xtra Pedas
Rp16,500
Bebek goreng  +Tambah nasi biasa
Rp19,000
Bebek goreng + nasi uduk
Rp19,000
Bebek jumbo + Nasi biasa
Rp20,000
Bebek cabe ijo + nasi biasa
Rp18,000
Bebek cabe ijo  + nasi uduk
Rp19,000
Bebek bakar +Nasi biasa
Rp18,000
Bebek bakar +nasi uduk
Rp19,000
Bebek lada hitam +Nasi Biasa
Rp19,000
Bebek lada hitam + nasi uduk
Rp20,000
Kepala Bebek
Rp2,000
Ati Rampela
Rp4,500
Tahu/ Tempe
Rp1,500
Sambal Mangga
Rp3,000
Nasi Biasa
Rp3,000
Nasi Uduk
Rp4,000
Bebek Jumbo lada hitam
RP 17500
Bebek jumbo lada hitam +nasi biasa
Rp20,000
Bebek jumbo lada hitam +nasi uduk
Rp21,000




BAB IV. PENUTUP

                Demikian berikut yang kami uraikan tentang ristet kami Rumah Makan Bebek Cabe Ijo milik pak Tedy, kesimpulanya adalah Rumah makan pak Tedi sangat bagus untuk kami plajari dan kiat kiat sukses yg di terapkan pak tedy, dengan menejemen yang bagus, konsep usaha yang matang, keberanian pak Tedy dalam memilih antara pekerjaan yang mapan atau  memilih menjalankan usaha dan memberdayakan banyak SDM, Beliau menjadi sumber inspirasi kami. Pesan yang kami dapat dari pak Tedy adalah lakukan pelayanan terbaik kepada konsumen maka itu yang perlahan lahan membuat pelanggan kita semakin banyak.
               

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar